BAB I
PENDAHULUAN
A.
Penerapan
Permainan Matematika dalam Pembelajaran Matematika
Penerapan permainan matematika yang dapat dilakukan oleh seorang guru
adalah dengan dilakukannya permainan tersebut di tengah pembelajaran yaitu
terlebih dahulu dilakukan apersepsi tentang materi dari topik yang akan
diajarkan kemudian dilanjutkan dengan permainan matematika selanjutnya
dilakukan evaluasi.
Untuk lebih jelas akan dibahas penerapan permainan
matematika berdasarkan tujuan yang dicapai seperti di bawah ini, permainan
matematika untuk pemecahan masalah diwakili oleh menara Menara
Hanoi.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Permainan
Matematika Menara Hanoi
Menara
Hanoi
merupakan sebuah permainan matematika. Permainan ini terdiri dari tiga tiang
dan sejumlah cakram dengan ukuran berbeda-beda yang bisa dimasukkan ke tiang
mana saja. Permainan dimulai dengan cakram-cakram yang tertumpuk rapi berurutan
berdasarkan ukurannya dalam salah satu tiang, cakram terkecil diletakkan
teratas, sehingga membentuk kerucut.
Tujuan dari permainan ini adalah untuk
memindahkan seluruh tumpukan ke tiang yang lain, dengan mengikuti aturan
berikut:
a. Hanya satu cakram yang
boleh dipindahkan dalam satu waktu;
b. Setiap perpindahan
berupa pengambilan cakram teratas dari satu tiang dan memasukkannya ke tiang
lain, di atas cakram lain yang mungkin sudah ada di tiang tersebut;
c. Tidak boleh meletakkan
cakram di atas cakram lain yang lebih kecil.
Gambar 4. Permainan Menara Hanoi
Menara
Hanoi adalah permainan yang dapat digunakan untuk menanamkan konsep banyaknya, urutan, besarnya, paling sedikit, lebih
banyak, dan sama. Meskipun demikian kegunaan yang terutama untuk melatih berfikir
logis, menemukan relasi antara banyaknya kepingan dengan banyaknya loncatan
minimum secara induktif.
Selain
itu, menara Hanoi dapat digunakan dalam topik relasi dan fungsi. Dimana
kompetensi dasarnya adalah memahami relasi dan fungsi, dengan indikator-indikator
sebagai berikut:
a. Menjelaskan
pengertian relasi dan cara menyatakannya serta fungsi sebagai salah satu bentuk
relasi;
b. Menjelaskan
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi dengan kata-kata sendiri;
c. Mengenali
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi yang ada di sekitar kita;
d. Menjelaskan
dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
fungsi;
e. Menyatakan
suatu fungsi yang terkait dengan kejadian sehari-hari;
f. Dapat menentukan hubungan antara banyaknya langkah
minimum untuk memindahkan n buah kepingan dalam permainan matematika;
g. Siswa dapat
membuktikan langkah minimum permainan menara Hanoi yaitu 2n – 1.
Langkah
penggunaannya:
1. Memindahkan susunan
keping satu per satu dari suatu tiang A ke tiang B atau tiang C sehingga susunan
keping berpindah dengan susunan yang sama dengan semula.
2.
Aturan permainan:
a. Setiap perpindahan dari
tiang satu ke tiang lainnya diperhitungkan sebagai 1 langkah perpindahan
b. Setiap perpindahan hanya
boleh dilakukan satu keping saja.
c. Setiap keping yang lebih
besar tidak boleh diletakkan di bawah keeping yang lebih kecil.
3.
Banyaknya perpindahan
adalah banyaknya perpindahan minimal
4.
Susunan keping dapat
dimulai dari 1 buah keping, 2 buah keping, dan seterusnya.
No comments:
Post a Comment