Monday, May 6, 2013

Pemanfaatan Barang Bekas dalam Pembelajaran Matematika



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
   Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan perkembangan budi daya manusia. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini. Kemajuan  pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini pun  dilandasai oleh perkembangan matematika.
Pembelajaran matematika di sekolah dasar merupakan dasar bagi penerapan konsep matematika pada jenjang berikutnya.
Langkah-langkah inovasi pembelajaran harus didukung oleh inovasi penggunaan alat peraga yang dapat  menarik dan  menantang siswa dalam pencapaian taksonomi pembelajaran.
Penulis mencoba mencari alternatif dari   model pembelajaran yang dapat mengatasi kesulitan dengan kolaborasi penggunaan alat peraga yang menarik sebagai tuntutan profesionalisme menghadapi perkembangan dunia pendidikan dalam sebuah tindakan nyata di lapangan (in action)  dan menyusunnya menjadi sebuah karya tulis yang berjudul “ Cara Mudah Menanamkan Konsep Dasar Operasi Hitung Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Papan Magnetik dan Permainan CD Warna di Sekolah Dasar”



BAB II
Pembahasan

Permainan CD Warna adalah sebuah metode permainanan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan CD bekas yang ditutup kertas berwarna yang berisi tugas-tugas/ soal yang harus dikerjakan oleh siswa.
a.    Langkah Permainan
1).      Guru mempersiapkan alat peraga yang akan digunakan dalam proses pembelajaran yaitu berupa Papan Magnetik dan Alat CD warna
a).       Cara membuat Papan Magnetik dan CD warna
(1)       Alat dan bahan
Alat :
(a)      Gergaji
(b)      Gunting
(c)      gegep
(d)     Palu
(e)      Meteran
Bahan :
(a)      Triplek bekas
(b)      Seng bekas
(c)      ban bekas
(d)     Kayu bekas
(e)      Louspeker bekas
(f)       Tutup odol bekas
(g)      Lem weber
(h)      Serbuk gergaji
(i)        Kertas warna (lauco)
(j)        CD bekas
(k)      Spidol besar

(2)                  Cara pembuatan Papan Magnetik :
(a)      Potong triplek dengan ukuran 30 x 45 cm
(b)      Pada bagian bawah tempelkan seng dengan ukuran 30 x 30cm sebagai tempat peragaan
(c)      Berilah cat sesuai selera, dan pada triplek bagian atas kanan tuliskan KETERANGAN, dan pada bagian bawahnya tempelkan tumpul odol merah dengan keterangan POSITIF  dan bagian bawahnya tempelkan tutup odol putih dengan keterangan NEGATIF.
(d).   Tempelkan tempat menempelkan CD yang berasal dari wadah  CD .
(e).    Buatlah bingkai les pinggir
(f). Campurlah lem weber dengan serbuk gergaji dan masukkan pada lubang tutup odol, kemudian tempelkan pecahan magnet, dan biarkan sampai kering.
b).    Cara membuat CD warna
(1)   Buatlah lingkaran dari kertas lauo ( berwarna) dengan menggunakan keping CD bekas sebagai ukurannya.
(2)   Bedakan keping CD bekas dalam 4 warna untuk membedakan jenis soal.
(3)   Tulislah soal pada bagian dalam keping CD sesuai dengan warna dan ketentuan soal.

Keterangan :
*      4 warna yang ada pada alat CD warna sebagai warna yang terdapat dalam CD Pilihan yang berisi soal-soal latihan.
o   CD Kuning berisi soal-soal latihan penjumlahan bilangan bulat positif + positif/ negatif + negatif.
o   CD Merah berisi soal-soal latihan penjumlahan bilangan bulat
Negatif + positif/ positif + negatif.
o   CD Hijau berisi soal-soal latihan pengurangan bilangan bulat
positif - positif/ negatif - negatif.
o   CD Merah berisi soal-soal latihan pengurangan bilangan bulat Negatif - positif/ positif – negatif.

c).       Cara menggunakan Papan Magnetik
  1. PENGGUNAAN PAPAN MAGNETIK PADA OPERASI PENJUMLAHAN

Langkah-langkah Kegiatan:
1.      Pajangkan papan peraga
2.      Tuliskan soal pada bagian operasi sehingga tampak seperti gambar di bawah ini.
a.       6 + (- 4) = ....... ?
Peragaan:
1)      Masukkan enam tutup odol merah dan empat tutup odol putih.
2)      Pasanglah satu-satu tutup odol merah dengan tutup odol putih, yang punya pasangan dikeluarkan.
Sisa tinggal 2 tutup odol warna merah, berarti posiif 2.
Jadi 6 + (- 4) = 2

b.      – 6 + 4 = ...... ?
Peragaan:
1)      Masukkan enam tutup odol warna putih dan empat tutup odol warna merah.
2)      Pasanglah satu-satu tutup odol putih dengan merah, yang punya pasangan dikeluarkan.
3)      Sisa tinggal 2 tutup odol putih berarti negatif 2.
Jadi -6 + 4 = -2

c.       4 + (- 6) = ...... ?
Peragaan:
1)      Masukkan 4 tutup odol merah dan enam tutup odol putih.
2)      Pasanglah satu-satu tutup odol merah dengan putih, yang punya pasangan dikeluarkan.
3)      Sisa tinggal 2 tutup odol warna putih berarti negatif 2.
Jadi 4 + (- 6) = - 2
d.      - 4 + 6 = ...... ?
Peragaan:
1)      Masukkan 4 tutup odol putih dan 6 tutup odol merah.
2)      Pasanglah satu-satu tutup odol putih dengan tutup odol merah, yang punya pasangan dikeluarkan.
3)      Sisa tinggal 2 tutup odol merah, berarti positif 2.
Jadi -4 + 6 = 2.

e.       - 4 + 4 = ...... ?
Peragaan:
1)      Masukkan 4 tutup odol warna putih dan 4 tutup odol warna merah.
2)      Pasanglah satu-satu tutup odol putih dan tutup odol merah, yang punya pasangan dikeluarkan.
3)      Semua punya pasangan dan sudah dikeluarkan. Sisa tidak ada berarti nol (0).
Jadi -4 + 4 = 0.

3.      Tulis beberapa soal lagi, biarkan siswa melakukan eksplorasi sehingga menemukan konsep penjumlahan bilangan bulat sama dengan melakukan pengurangan dan setiap bilangan bulat dijumlah dengan lawan hasilnya 0 (nol).

  1. PENGGUNAAN PAPAN MAGNETIK PADA OPERASI PENGURANGAN
Langkah-langkah Kegiatan:
1.      Pajangkan papan peraga
2.      tempelkan CD Warna pada bagian operasi
3.      Bimbinglah siswa untuk melakukan eksplorasi dalam peragaan. Seperti berikut ini.
a.       6 – 4 = ...... ?
Peragaan:
1)      Masukkan 6 tutup odol merah pada papan peragaan. Seperti berikut.
2)      Keluarkan empat tutup odol merah tersebut seperti berikut:
3)      Sisa tingga 2 tutup odol merah berarti positif 2.
Jadi 6 – 4 = 2.

b.      4 –  6 = ...... ?
Peragaan:
1)      Masukkan 4 tutup odol merah.
2)      Pengambilan belum dapat dilakukan karena yang harus dikeluarkan 6 tutup odol merah. Sedangkan pada papan peraga baru 4, maka tambahkan 2 tutup odol merah dan 2 tutup odol putih.
3)      Keluarkan 6 tutup odol merah.
4)      Sisa tinggal 2 tutup odol putih berarti negatif 2.
Jadi  4 – 6 = - 2
c.        4 - (- 6) = ...... ?
Peragaan:
1)      Masukkan 4 tutup odol m
2)      Pengambilan belum dapat dilakukan karena yang akan dikeluarkan 6 tutup odol putih. Sedangkan pada papan peraga hanya ada 4 tutup odol merah, maka harus dimasukkan lagi 6 tutup odol merah dan 6 tutup odol putih.
3)      Keluarkan 6 tutup odol putih
4)      Sisa tinggal 10 tutup odol merah berarti positif 10.
Jadi 4 - (- 6) = 10.

d.      – 4 – (- 6) = ...... ?
Peragaan:
1)      Masukkan 4 tutup odol putih.
2)      Pengambilan belum dapat dilakukan karena yang harus diambil 6 tutup odol putih. Sedangkan pada papan peraga baru 4 tutup odol putih, maka harus dimasukkan lagi 2 tutup odol putih dan 2 tutup odol merah.
3)      Keluarkan 6 tutup odol putih
4)      Sisa tinggal 2 tutup odol merah berarti positif 2.
Jadi – 4 – (- 6) = 2
e.       - 4 – 6 = .......... ?
Peragaan:
1)      Masukkan 4 tutup odol putih
2)      Pengambilan belum dapat dilakukan karena yang harus diambil 6 tutup odol merah, sedangkan yang ada 4 tutup odol putih, maka harus dimasukkan lagi 6 tutup odol putih dan 6 tutup odol merah.
3)      Keluarkan 6 tutup odol merah.
Sisa tinggal 10 tutup odol putih berarti negatif 10.
Jadi - 4 – 6 = - 10.
f.       6 – (- 4) = .......... ?
Peragaan:
1)      Masukkan 6 tutup odol merah
2)      Pengambilan belum dapat dilakukan karena yang harus diambil 4 tutup odol putih, sedangkan pada papan peraga hanya 6 tutup odol merah, maka masukkan lagi 4 tutup odol merah dan 4 tutup odol putih.
3)      Keluarkan 4 tutup odol putih.
4)      Sisa tinggal 10 tutup odol merah berarti positif 10.
Jadi 6 – (- 4) = 10.
g.      - 6 – 4 = ....... ?
Peragaan:
1)      Masukkan 6 tutup odol putih
2)      Pengambilan belum dapat dilakukan karena yang harus dikeluarkan 4 tutup odol merah, sedangkan pada papan peraga hanya 6 tutup odol putih, maka  harus dimasukkan lagi 4 tutup odol putih dan 4 tutup odol merah.
3)      Keluarkan 4 tutup odol merah.
4)      Sisa tinggal 10 tutup odol putih berarti negatif 10.
Jadi 6 – (- 4) = - 10.

C.    PENGGUNAAN PAPAN MAGNETIK PADA OPERASI PERKALIAN
Langkah-langkah Kegiatan:
1.      Pajangkan papan peraga
2.      Tuliskan soal pada bagian operasi
3.      Bimbinglah siswa untuk melakukan peragaan dengan perintah sebagai berikut:
a.       Pasanglah 5 buah tutup odol sebanyak 3 kali. Sehingga tampak seperti berikut ini !
b.      Berapa kali kamu memasang tutup odol sebanyak 5 buah ? (3 kali).
c.       Hitunglah jumlah tutup odol  pada papan peraga! (Jumlah 15 buah)
d.      Jadi 3 x 5   =    5 + 5 + 5
                        =    15
             3 x 5   =    15
4.      Tulis lagi soal seperti 5 x 3 = ...... ?
Peragaan:
a.       Pasanglah 3 tutup odol sebanyak 5 kali sehingga tampak seperti gambar di bawah ini:
b.      Hitung berapa jumlah tutup odol semuanya ? (Jumlah 15 buah)
Jadi 5 x 3   =    3 + 3 + 3 + 3 + 3
       5 x 3   =    15       
5.      Tulis beberapa soal lagi dan biarkan siswa untuk bereksplorasi sehingga mereka dapat menemukan konsep bahwa perkalian merupakan penjumlahan berulang.

D.    PENGGUNAAN PAPAN MAGNETIK PADA OPERASI PEMBAGIAN                

Langkah-langkah Kegiatan:                    
1.      Pajangkan papan peraga
2.      Tuliskan soal seperti 8 : 4 = .... ?
Sehingga tampak seperti gambar di bawah ini !
Bimbinglah siswa untuk melakukan eksplorasi dalam meragakan dengan perintah sebagai berikut:
a.       Ambil tutup odol sebanyak 8 buah
b.      Pasanglah pada papan peraga menjadi 4 kelompok, sampai tutup odol  yang kamu ambil habis. Sehingga tampak seperti gambar:

c.       Hitunglah berapa jumlah tutup odol pada masing-masing kelompok ? (Jumlahnya 2 buah).
Jadi 8 : 4    =    8 – 2 – 2 – 2 – 2
                  =    2
       8 : 4    =    2
3.      Tulis soal lagi seperti 15 : 3
Peragaan:
a.       Ambil 15 buah tutup odol
b.      Pasanglah pada papan peraga menjadi 3 kelompok, sampai tutup odol yang kamu ambil habis sehingga tampak seperti gambar di bawah ini:
c.       Hitunglah berapa banyak tutup odol pada masing-masing kelompok. (Jumlahnya 5 buah).
Jadi 15 : 3     =    15 – 5 – 5 – 5  sebanyak 3 kali.
Jadi 15 : 3     =    5

No comments:

Post a Comment