BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Matematika merupakan ilmu universal yang
mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai
disiplin dan perkembangan budi daya manusia. Untuk menguasai dan mencipta
teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini. Kemajuan
pesat di bidang teknologi informasi dan
komunikasi dewasa ini pun dilandasai
oleh perkembangan matematika.
Pembelajaran
matematika di sekolah dasar merupakan dasar bagi penerapan konsep matematika pada
jenjang berikutnya.
Langkah-langkah inovasi pembelajaran harus didukung oleh
inovasi penggunaan alat peraga yang dapat
menarik dan menantang siswa dalam pencapaian
taksonomi pembelajaran.
Penulis mencoba mencari alternatif dari model pembelajaran yang dapat mengatasi
kesulitan dengan kolaborasi penggunaan alat peraga yang menarik sebagai
tuntutan profesionalisme menghadapi perkembangan dunia pendidikan dalam sebuah
tindakan nyata di lapangan (in action)
dan menyusunnya menjadi sebuah karya tulis yang berjudul “ Cara Mudah
Menanamkan Konsep Dasar Operasi Hitung Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Papan Magnetik
dan Permainan CD Warna di Sekolah Dasar”
BAB II
Pembahasan
Permainan CD Warna adalah
sebuah metode permainanan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan CD bekas
yang ditutup kertas berwarna yang berisi tugas-tugas/ soal yang harus
dikerjakan oleh siswa.
a.
Langkah
Permainan
1).
Guru
mempersiapkan alat peraga yang akan digunakan dalam proses
pembelajaran yaitu berupa Papan
Magnetik dan Alat CD warna
a).
Cara
membuat Papan Magnetik dan CD warna
(1) Alat
dan bahan
Alat :
(a)
Gergaji
(b)
Gunting
(c)
gegep
(d)
Palu
(e)
Meteran
Bahan :
(a)
Triplek
bekas
(b)
Seng
bekas
(c)
ban
bekas
(d)
Kayu
bekas
(e)
Louspeker
bekas
(f)
Tutup
odol bekas
(g)
Lem
weber
(h)
Serbuk
gergaji
(i)
Kertas
warna (lauco)
(j)
CD
bekas
(k)
Spidol
besar
(2)
Cara
pembuatan Papan Magnetik :
(a) Potong
triplek dengan ukuran 30 x 45 cm
(b) Pada
bagian bawah tempelkan seng dengan ukuran 30 x 30cm sebagai tempat peragaan
(c) Berilah
cat sesuai selera, dan pada triplek bagian atas kanan tuliskan KETERANGAN,
dan pada bagian bawahnya tempelkan tumpul odol merah dengan keterangan POSITIF dan bagian bawahnya tempelkan tutup odol putih
dengan keterangan NEGATIF.
(d). Tempelkan
tempat menempelkan CD yang berasal dari wadah
CD .
(e). Buatlah
bingkai les pinggir
(f). Campurlah lem weber
dengan serbuk gergaji dan masukkan pada lubang tutup odol, kemudian tempelkan
pecahan magnet, dan biarkan sampai kering.
b).
Cara membuat CD warna
(1) Buatlah
lingkaran dari kertas lauo ( berwarna) dengan menggunakan keping CD bekas
sebagai ukurannya.
(2) Bedakan
keping CD bekas dalam 4 warna untuk membedakan jenis soal.
(3) Tulislah
soal pada bagian dalam keping CD sesuai dengan warna dan ketentuan soal.
Keterangan :
4 warna yang ada pada alat CD warna sebagai
warna yang terdapat dalam CD Pilihan yang berisi soal-soal latihan.
o
CD Kuning berisi soal-soal latihan penjumlahan
bilangan bulat positif + positif/ negatif + negatif.
o
CD Merah berisi soal-soal latihan penjumlahan
bilangan bulat
Negatif + positif/ positif + negatif.
o
CD Hijau berisi soal-soal latihan pengurangan
bilangan bulat
positif - positif/ negatif - negatif.
o
CD Merah berisi soal-soal latihan pengurangan
bilangan bulat Negatif - positif/ positif – negatif.
c).
Cara
menggunakan Papan Magnetik
- PENGGUNAAN PAPAN MAGNETIK PADA OPERASI PENJUMLAHAN
Langkah-langkah Kegiatan:
1. Pajangkan
papan peraga
2. Tuliskan
soal pada bagian operasi sehingga tampak seperti gambar di bawah ini.
a. 6
+ (- 4) = ....... ?
Peragaan:
1) Masukkan
enam tutup odol merah dan empat tutup odol putih.
2) Pasanglah
satu-satu tutup odol merah dengan tutup odol putih, yang punya pasangan
dikeluarkan.
Sisa tinggal 2 tutup odol warna merah, berarti posiif 2.
Jadi 6 + (- 4) = 2
b. –
6 + 4 = ...... ?
Peragaan:
1) Masukkan
enam tutup odol warna putih dan empat tutup odol warna merah.
2) Pasanglah
satu-satu tutup odol putih dengan merah, yang punya pasangan dikeluarkan.
3) Sisa
tinggal 2 tutup odol putih berarti negatif 2.
Jadi -6 + 4 = -2
c. 4
+ (- 6) = ...... ?
Peragaan:
1) Masukkan
4 tutup odol merah dan enam tutup odol putih.
2) Pasanglah
satu-satu tutup odol merah dengan putih, yang punya pasangan dikeluarkan.
3) Sisa
tinggal 2 tutup odol warna putih berarti negatif 2.
Jadi 4 + (- 6) = - 2
d. -
4 + 6 = ...... ?
Peragaan:
1) Masukkan
4 tutup odol putih dan 6 tutup odol merah.
2) Pasanglah
satu-satu tutup odol putih dengan tutup odol merah, yang punya pasangan
dikeluarkan.
3) Sisa
tinggal 2 tutup odol merah, berarti positif 2.
Jadi -4 + 6 = 2.
e. -
4 + 4 = ...... ?
Peragaan:
1) Masukkan
4 tutup odol warna putih dan 4 tutup odol warna merah.
2) Pasanglah
satu-satu tutup odol putih dan tutup odol merah, yang punya pasangan
dikeluarkan.
3) Semua
punya pasangan dan sudah dikeluarkan. Sisa tidak ada berarti nol (0).
Jadi -4 + 4 = 0.
3. Tulis
beberapa soal lagi, biarkan siswa melakukan eksplorasi sehingga menemukan
konsep penjumlahan bilangan bulat sama dengan melakukan pengurangan dan setiap
bilangan bulat dijumlah dengan lawan hasilnya 0 (nol).
- PENGGUNAAN PAPAN MAGNETIK PADA OPERASI PENGURANGAN
Langkah-langkah Kegiatan:
1. Pajangkan
papan peraga
2.
tempelkan CD Warna pada bagian operasi
3. Bimbinglah
siswa untuk melakukan eksplorasi dalam peragaan. Seperti berikut ini.
a. 6
– 4 = ...... ?
Peragaan:
1) Masukkan
6 tutup odol merah pada papan peragaan. Seperti berikut.
2) Keluarkan
empat tutup odol merah tersebut seperti berikut:
3) Sisa
tingga 2 tutup odol merah berarti positif 2.
Jadi 6 – 4 = 2.
b. 4
– 6 = ...... ?
Peragaan:
1) Masukkan
4 tutup odol merah.
2) Pengambilan
belum dapat dilakukan karena yang harus dikeluarkan 6 tutup odol merah.
Sedangkan pada papan peraga baru 4, maka tambahkan 2 tutup odol merah dan 2
tutup odol putih.
3) Keluarkan
6 tutup odol merah.
4) Sisa
tinggal 2 tutup odol putih berarti negatif 2.
Jadi 4 – 6 = - 2
c. 4 - (- 6) = ...... ?
Peragaan:
1) Masukkan
4 tutup odol m
2) Pengambilan
belum dapat dilakukan karena yang akan dikeluarkan 6 tutup odol putih.
Sedangkan pada papan peraga hanya ada 4 tutup odol merah, maka harus dimasukkan
lagi 6 tutup odol merah dan 6 tutup odol putih.
3) Keluarkan
6 tutup odol putih
4) Sisa
tinggal 10 tutup odol merah berarti positif 10.
Jadi 4 - (- 6) = 10.
d. –
4 – (- 6) = ...... ?
Peragaan:
1) Masukkan
4 tutup odol putih.
2) Pengambilan
belum dapat dilakukan karena yang harus diambil 6 tutup odol putih. Sedangkan pada
papan peraga baru 4 tutup odol putih, maka harus dimasukkan lagi 2 tutup odol
putih dan 2 tutup odol merah.
3) Keluarkan
6 tutup odol putih
4) Sisa
tinggal 2 tutup odol merah berarti positif 2.
Jadi – 4 – (- 6) = 2
e. -
4 – 6 = .......... ?
Peragaan:
1) Masukkan
4 tutup odol putih
2) Pengambilan
belum dapat dilakukan karena yang harus diambil 6 tutup odol merah, sedangkan
yang ada 4 tutup odol putih, maka harus dimasukkan lagi 6 tutup odol putih dan
6 tutup odol merah.
3) Keluarkan
6 tutup odol merah.
Sisa tinggal 10 tutup odol putih berarti negatif 10.
Jadi - 4 – 6 = - 10.
f. 6
– (- 4) = .......... ?
Peragaan:
1) Masukkan
6 tutup odol merah
2) Pengambilan
belum dapat dilakukan karena yang harus diambil 4 tutup odol putih, sedangkan
pada papan peraga hanya 6 tutup odol merah, maka masukkan lagi 4 tutup odol merah
dan 4 tutup odol putih.
3) Keluarkan
4 tutup odol putih.
4) Sisa
tinggal 10 tutup odol merah berarti positif 10.
Jadi 6 – (- 4) = 10.
g. -
6 – 4 = ....... ?
Peragaan:
1) Masukkan
6 tutup odol putih
2) Pengambilan
belum dapat dilakukan karena yang harus dikeluarkan 4 tutup odol merah,
sedangkan pada papan peraga hanya 6 tutup odol putih, maka harus dimasukkan lagi 4 tutup odol putih dan
4 tutup odol merah.
3) Keluarkan
4 tutup odol merah.
4) Sisa
tinggal 10 tutup odol putih berarti negatif 10.
Jadi 6 – (- 4) = - 10.
C.
PENGGUNAAN
PAPAN MAGNETIK PADA OPERASI PERKALIAN
Langkah-langkah Kegiatan:
1. Pajangkan
papan peraga
2. Tuliskan
soal pada bagian operasi
3. Bimbinglah
siswa untuk melakukan peragaan dengan perintah sebagai berikut:
a. Pasanglah
5 buah tutup odol sebanyak 3 kali. Sehingga tampak seperti berikut ini !
b. Berapa
kali kamu memasang tutup odol sebanyak 5 buah ? (3 kali).
c. Hitunglah
jumlah tutup odol pada papan peraga!
(Jumlah 15 buah)
d. Jadi
3 x 5 = 5
+ 5 + 5
= 15
3 x 5 = 15
4. Tulis
lagi soal seperti 5 x 3 = ...... ?
Peragaan:
a. Pasanglah
3 tutup odol sebanyak 5 kali sehingga tampak seperti gambar di bawah ini:
b. Hitung
berapa jumlah tutup odol semuanya ? (Jumlah 15 buah)
Jadi 5 x 3 = 3 + 3 + 3 + 3 + 3
5
x 3 = 15
5. Tulis
beberapa soal lagi dan biarkan siswa untuk bereksplorasi sehingga mereka dapat
menemukan konsep bahwa perkalian merupakan penjumlahan berulang.
D. PENGGUNAAN
PAPAN MAGNETIK PADA OPERASI PEMBAGIAN
Langkah-langkah Kegiatan:
1. Pajangkan
papan peraga
2. Tuliskan
soal seperti 8 : 4 = .... ?
Sehingga tampak seperti gambar di bawah
ini !
Bimbinglah siswa untuk melakukan
eksplorasi dalam meragakan dengan perintah sebagai berikut:
a. Ambil
tutup odol sebanyak 8 buah
b. Pasanglah
pada papan peraga menjadi 4 kelompok, sampai tutup odol yang kamu ambil habis. Sehingga tampak
seperti gambar:
c. Hitunglah
berapa jumlah tutup odol pada masing-masing kelompok ? (Jumlahnya 2 buah).
Jadi 8 : 4 = 8 – 2 – 2 – 2 – 2
= 2
8
: 4 = 2
3. Tulis
soal lagi seperti 15 : 3
Peragaan:
a. Ambil
15 buah tutup odol
b. Pasanglah
pada papan peraga menjadi 3 kelompok, sampai tutup odol yang kamu ambil habis
sehingga tampak seperti gambar di bawah ini:
c. Hitunglah
berapa banyak tutup odol pada masing-masing kelompok. (Jumlahnya 5 buah).
Jadi 15 : 3 = 15 – 5 – 5 – 5 sebanyak 3 kali.
Jadi 15 : 3 = 5
No comments:
Post a Comment